Home > Marketing > Brand Your Self (1)

Brand Your Self (1)

(1) “Just Do it“, (2) “Connecting People“, (3) “I’m Lovin It

Kamu pasti tahu kan kira-kira apa produk atau perusahaan yang mempunyai tagline seperti diatas? benar kok kamu gak salah. Nike yang lebih dikenal dengan logo Swoosh-nya ber-tag line “Just Do It” melambangkan bahwa Nike perusahaan berjiwa muda yang berani menghadapi tantangan dalam menawarkan produk nya kepada konsumen, hal ini diterapkan juga kepada strategi pemasaran mereka yang secara benang merah memberi warna “Baru, Muda, dan Kebebasan”. Goodwill atau Royalty dari tagline tersebut nilai nya sama dengan seluruh asset, baik itu pabrik, produk ataupun investasi yang dimiliki Nike sebagai sebuah perusahaan.

Nokia, sebagai perusahaan telekomunikasi yang bertuan rumah di Finlandia ini menempatkan kata “Connecting People” pada setiap ponsel yang dikeluarkan nya. Makna tagline nya sendiri menggambarkan visi Nokia sebagai perusahaan selular yang bertujuan menghubungkan (connect) seluruh manusia di dunia untuk berkomunikasi hanya dengan sebuah telepon ngengam, dimana istilah The Third Generation yang digambarkan bahwa “The world is border less” dunia tanpa batasan, membuat tagline Nokia tersimpan dengan baik di hati para konsumen nya.

Mcdonnalds – I’m Lovin It jingle itulah yang sering terdengar setiap iklan burger McD diputar, tagline yang menceritakan sebuah rasa cinta yang diberikan dalam sebuah burger, menancap kuat di hati para pencinta makanan fast food ini. Perusahaan multinasional yang tersebar di seluruh dunia ini bahkan berencana membuka restoran cepat saji pertama di luar angkasa yang menunjukan komitmen nya untuk terus berkembang demi tuntutan konsumen.

Hal apa yang bisa diambil dari contoh tagline-tagline yang dikeluarkan perusahaan tersebut? Perusahaan-perusahaan itu tidak lain adalah sama dengan sebuah individu atau manusia, mereka bisa ada karena ada yang membeli produk mereka, mereka bisa dikenal karena kerja keras tim pemasaran mereka dalam mempromosikan produk nya, dan tentu nya adalah culture perusahaan mereka yang membuat perusahaan mereka tetap exist dan terus berinovasi untuk menghadapi persaingan dengan para pesaingnya.

Sama hal nya dengan kita sebagai seorang individu, kita bisa menciptakan Brand bagi diri kita sendiri, Tagline untuk membuat kita berbeda sebagai individu dengan orang lain, hal ini lah yang membuat kita bisa bersaing dan sukses menjadi seseorang, apakah kita sebagai karyawan bank, dokter, akuntan publik, ataupun seorang insinyur (dalam hal ini kita sebagai individu dalam bidang profesional masing-masing).

Kira-kira poin apa sajakah yang perlu kita ketahui dan kita kembangkan agar kita bisa membuat brand bagi diri kita sendiri?

Pertama, Be your Self, ya mulailah dengan menjadi diri mu sendiri, karena dengan kamu berpura-pura untuk lebih baik ataupun berbeda dengan sifat atau karakter asli kamu, cepat atau lambat orang lain akan dapat menilai dan mengetahui hal ini.

Kedua, tanyakan kepada teman dekat kamu dan ingatlah kira-kira kelebihan dan kekurangan apa yang diri kamu miliki, dengan mengetahui good and bad tentang diri kamu sendiri, maka kamu akan belajar memperbaiki kesalahan-kesalahan yang pernah kamu buat dan menimbulkan kelebihan yang sudah dimiliki menjadi sebuah nilai tambah yang baru.

Ketiga, Simpulkan semua karakter yang kamu miliki menjadi sebuah kalimat sederhana yang mudah di ingat dengan orang lain, dan jadi kan itu sebagai slogan diri kamu yang harus ditanamkan dalam keseharian mu. Sebagai contoh, saya orang yang suka untuk belajar hal baru, menjalin hubungan pertemanan dengan orang lain, teman-teman saya bilang saya adalah orang yang diam-diam menghanyutkan, maka tagline saya adalah :

Hi nama saya Andri Gilang, “The Silent Killer of New Invention

Yang terakhir adalah, sebarkan dan ucapkan tagline yang sudah kamu temukan itu apabila kamu berkenalan dengan orang lain, sehingga kamu akan sangat mudah dikenal sebagai seorang individu. Hope you guys know what I’m talking about.

Categories: Marketing Tags: , , , ,
  1. nia becks
    October 1, 2007 at 5:59 am

    Bisa bikin tagline bwt diri sendiri juga berarti kalo kita mengenal diri kita sendiri, karna ga setiap individu mengenal dirinya sendiri. Example is me, I dont really know much about my self.. so, i can’t make tagline for my self.. hehe, the basic is I dont have a self confident. I always care( maybe afraid..) about comments from people around me. So, thumbs up for the person who can describe about themselves, even only make own tagline.

    So, two thumbs up for you, brother!!!!

  2. Andri Gilang
    October 1, 2007 at 6:57 am

    Thanks Nia atas commentnya, kalau menurut saya semua orang bisa kok bikin tagline buat diri nya sendiri, bener kalau menurut nia faktor “kurang percaya diri” itu lah yang harus di hilang kan, kenapa kita harus tidak percaya diri? Semua orang ber hak untuk mengakui keberadaan dirinya dan berhak menyatakan diri nya berbeda dengan orang lain, karena tidak ada individu yang “identical the same” dalam segala hal, Justru harus nya kita bangga dengan perbedaan kita yang tidak di miliki orang lain apakah itu baik atau buruk, kita yang bisa menilai nya, Jadi saran saya buat nia, coba mulai untuk diri sendiri, kenapa tidak?

  3. October 21, 2007 at 10:23 am

    urm..i think i’m a bit of a narcissist..and i like the word fantastico, which means “a ridiculously fantastic individual” (check Merriam-Webster if u dont believe me :p)
    soo..i’d like my tagline to be…
    hi, i’m “the ridiculously fantastic Vinta”, nice to meet you Andri Gilang!

    or is it better “Vinta the fantastico?” damn, i’m confused now!

  4. October 21, 2007 at 2:06 pm

    Hi kuchikuchi or should I called you “Vinta the fantastico”, nice to meet you too, gak apa-apa sih narsis, toh setidaknya kita bisa jujur ke diri sendiri bahkan ke orang lain tentang siapa diri kita sendiri. Yup, people will respect whatever the way we are, as long as, we respect them too. Jadi ditunggu ya penerapan “Brand your self” nya. Good Luck.

  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: