Home > JBRB, My Opinion > BLT, solusi miskin untuk rakyat miskin

BLT, solusi miskin untuk rakyat miskin

Langkah pemerintah Indonesia dalam menaikan harga BBM dikarenakan tinggi nya harga minyak dunia melebihi APBN 2008 menimbulkan pro serta kontra menyikapi sikap pemerintah tersebut. Beberapa pihak yang sejalan dengan pemikiran pemerintah menganggap langkah yang diambil sudah merupakan keputusan terbaik untuk saat ini, mengingat efek jangka panjang atas pemberian subsidi BBM akan memperkeruh kondisi perekonomian bangsa.

Namun beda hal nya dengan pihak yang menolak kenaikan BBM. Mereka menganggap seharusnya pemerintah bisa melihat kondisi rakyat yang terhimpit dengan kemiskinan dan akan tambah menderita atas dampak kenaikan BBM tersebut. Alhasil tak dapat dihindari beberapa aksi mahasiswa yang melakukan demo kenaikan BBM, pengemudi angkutan umum yang mogok menuntut kenaikan tarif BBM, serta efek yang terasa lebih besar adalah naik nya harga-harga kebutuhan pokok dalam memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari.

Demi meredam dampak kenaikan harga-harga tersebut, pemerintah pun mengeluarkan Bantuan Langsung Tunai (BLT) secara bertahap, dimana keputusan ini adalah solusi yang miskin makna untuk rakyat miskin. Pengalihan subsidi BBM terhadap pembagian BLT dapat digambarkan bagaikan menuangkan air kedalam plastik yang bolong. Walaupun dapat dibilang uang sebesar Rp 300,000 sangat bermakna bagi rakyat miskin, namun hal ini mengenyampingkan mental pengemis yang terbentuk bagi penerus bangsa ini.

Mungkin pengalihan subsidi tersebut akan lebih bermakna dalam jangka panjang apabila secara deklamasi pemerintah menunjukan komitmen nya dengan meningkatkan peluang usaha bagi rakyat miskin, diantaranya dengan pemberdayaan sumber daya dari kalangan menengah ke bawah tersebut. Dan tentunya didukung dengan menurunkan harga pada sektor-sektor strategis seperti biaya pendidikan disertai perangkat pendukung nya, transportasi publik yang memadai, meningkatkan pemberadaan rumah murah bagi rakyat miskin yang tepat tujuan, jaminan pelayanan kesehatan bagi masyarakat yang kurang mampu, serta keseriusan dalam mengembangkan produk hasil dalam negeri demi mengembangkan sistem ekonomi kerakyatan, yang sudah terlupakan. Sehingga bangsa ini lebih kaya solusi dalam mengambil keputusan.

Picture was taken from here

  1. June 3, 2008 at 8:20 am

    Salah satu dampak dari kenaikan BBM ini adalah meningkatnya harga buku sebesar 15-35%. Tentu saja makin banyak orang yang susah untuk membeli buku, yang berarti makin sedikit yang mampu untuk belajar dengan nyaman, yang berarti (mungkin) di Indonesia, jumlah orang pintar akan menurun.

  2. June 14, 2008 at 7:58 am

    Dialog antara Syam Burhan Yudha (SBY) dengan Munkar Nakir (MN), penjaga kubur.
    MN: Marrabuka, siapa Tuhanmu, SBY?
    SBY: Tuhanku, Indonesia Incorporated seperti gue kataken dulu ketika gue baru dilantik kan? Masa’ lupa.

    MN: Apa tuh Indonesia Incorporated?
    SBY: Malaikat kok kagak tau. Intinya, Indonesia yang kite jadikan semacam perusahaan, ekonomi pasar, atau des kapital, kapiralisme, tapi yang ale Indonesia, kapitalisme semau gue lah.

    MN: Ngomong-ngomong, gimana tentang Kepres yang kuminta itu? Gue nggak minte SKB, SKB nggak cukup?
    SBY: Aaah lagi lagi Kepres. SKB kan udeh cukup. Lagian lu kan cuma cari duit, lu kagak ade duit setelah keluar dari YLBHI, lu perlu kasih makan anak istri, dan lu mau diperalat.

    MN: Ah itu cuma isyu. Aku bener-bener lu musti keluarim Kepres dong. Ini demi Islam yang satu. Ahmadiyah kagak bener. Gue bener-bener berjuang untuk Islam. Buktinye gue masuk FPI, iiiiitu pembela Islam, nggak kayak lu yang cuma numpang di Partai Demokrat. Lu udah habis setelah lu mbikin kenaikan 30% BBM, itu mbikin rakyat tambah sengsara, tau. Tapi gue tanye lu dulu. Mammalaikatuka, siapa malaikatmu?
    SBY: Ah pertanyaannya terlalu klasik!

    MN: Siaaapa malaikatmu, jawab!
    SBY: Malaikat hari gini kok masih galak. Kerjasama dong, mendingan KKN aje deh. OK gue jawab. George Bush dan Kevin Rudd. Kevin kemarin baru temui gue suruh bekuin FPI.

    MN: Kok? Jangan mau didikte dengan Kevin Rudd dong, bisa berabe.
    SBY: Sebab kalau gue macem-macem Kevin akan bilangin ke Bush. Bush bise perintahin Amien Rais ame Gus Dur gerakin mahasiswa se Indonesia lengserin gue, tau.

    MN: Mana bise mahasiswa digerakin, digerakin aje kagak bise, emangnye FPI? Lalu…ma kitabuka, ape kitab lu?
    SBY: Kitabku gue sih banyak. Alquran, UUD 1945 versi gue, dan domino!

    MN: Kok domino!
    SBY: Ye betul. Efek domino kenaikan 30 persen BBM yaitu kenaikan harga sembako dan barang-barang penting lainnye, seperti semen, pupuk dan lainnye, masa’ malaikat kagak taaaau.

    MN: Lu tadi nyebut kitab lu juge UUD 45 versi lu. Maksud lu?
    SBY: Betul. UUD 1945 yang gue liat dengan kacamata gue sendiri. Sistem sosilis UUD 1945 asli itu udeh ketinggalan zaman. Nggak perlu sejahterain rakyat, mendingan ku sejahterain pengusahe karene pengusahe. Pengusahe yang beri hidup kite. Liat dong rekening gue. UUD kan cuma bikinan Sukarno yang gile, dan udah kagak sesuai perkembangan zaman. Lagian ngapain pemerintah kasih makan, pelihara orang miskin, cari sendiri aje udeh suseh. Tahu kagak, MN. Sekarang ini pemerintah kagak mau kasih subsidi macam-macam. Subsidi kedelai juga udeh gue suruh ame Mari Pangestu cabut aje, pemerintah udeh kagak ade duit, udeh bangkrut. Cume, jangan bilang-bilang. Lagian, gue juga perlu uang untuk kampanye 2009 kan?

    MN: Lu hobinye bunuh rakyat pelan-pelan ye? Mungkin lu perlu pakai Alquran aje kayak gue. Lu gabung aje dah dengan FPI, OK?
    SBY: Kagak.

    MN: Pertanyaan selanjutnya. Marrasuulika, siapa rasulmu?
    SBY: Tenang aje, yang jelas bukan Ghulam Ahmad. Rasul gue Muhammed dong.

    MN: Muhammed yang maaaanee?!
    SBY: Itu tetangga gue. Tapi jangan bilang-bilang, kite TST lah.

    MN: Lu jangan nyuap gue dong. Malaikat disuap. Kagak bise, enak aje!
    SBY: Perlu TST dikit lah. Gini. Lu terus aje kampanye bubarin Ahmadiyah. Isu itu kite terus panjangin selain isu-isu baru yang lain. Supaye mahasiswe kagak turun jalan protes BBM. Sementara lu pegang komando FPI.

    MN: Kalau gue di tahanan Polda, mane bise gue ame Rizieg gerakin FPI?
    SBY: Bise aje. Hari giini masih kurang akal. Kan ade HP, tinggal komandoin, tinggal perintah anak buah, tau.

    MN: Lu gimane sih, gue kan malaikat, masa’ sih lu tega banget tahan gue. Rizieq lu taaaahan, gue lu taaaahan.
    SBY: Tenang aje nanti lu ame Rizieq gue kelurin ntar lagi ye. Lu TST ye. Jangan sampe mahasiswa seluruh PT di Indonesia turun ke jalan nglanjutin demo BBM dan turinin gue, gue bise jatuh.

    MN: OK ye, bener ye, gue tunggu.
    SBY: Pokoknye lue ame Rizieq, TST ye. Soal Kapolri bise gue atur bebasin lu. Tenang aje.
    ____

  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

